Minggu, 29 Mei 2011

Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMA N 1 Tercinta
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI/3

Standar Kompetensi : 1.1 Mengamati dan memahami Stratifikasi sosial dalam kehidupan bermasyarakat

Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan stratifikasi sosial dan menguraikan hubungannya dengan status atau kelas sosial dalam kehidupan masyarakat.

Indikator : * Mendefinisikan Stratifikasi sosial dan dinamika sosial
• Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya Stratifikasi sosial dan dinamika sosial
• Menjelaskan hubungan antara Stratifikasi sosial dan Keteraturan sosial

Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (4 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Mendeskripsikan pengertian Stratifikasi Sosial, hubungannya dengan kelas sosial, kasta dan faktor-faktor pendorong terjadinya stratifikasi sosial.
2. Mendeskripsikan status sosial dan jenis-jenis status sosial dalam masyarkat
3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk stratifikasi yang mendorong terciptanya lembaga, kelompok, dan organisasi sosial dan membandingkan dengan kasta yang ada di India.

B. Materi Pembelajaran
1. Hakekat Stratifikasi sosial
2. Faktor-faktor Pendorong Stratifikasi sosial
3. Status, Peranan dan Hubungan individu dalam Stratifikasi sosial
4. Bentuk-bentuk Stratifikasi sosial

C. Metode Pembelajaran
1. Informasi
2. Kerja mandiri
3. Eksplorasi
4. Diskusi






D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi
Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, dan memeriksa kebersihan kelas)
b. Memotivasi
Guru menjelaskan materi tentang Stratifikasi sosial dalam masyarakat.
c. Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran tersebut
10 menit
2. Kegiatan Inti
a. Siswa menulis pengalaman di masyarakat yang berkaitan dengan kelas sosial atau pengetahuan mengenai kasta yang terdapat di Indonesia atau di lingkungan sekitar mereka.
b. Guru menjelaskan hakikat stratifikasi sosial dan faktor-faktor pendorong stratifikasi sosial.
c. Siswa mengerjakan tugas “Uji Penguasaan Materi” pada halaman 50 dan 55.
d. Siswa mengumpulkan tugasnya untuk dinilai oleh guru.
e. Siswa mendiskusikan bentuk-bentuk dan faktor-faktor yang mendorong terjadinya stratifikasi sosial.
f. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain bisa menanggapi hasil diskusi kelompok.
g. Guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.. 60 menit
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang hakekat stratifikasi sosial, Prinsip stratifikasi sosial dan faktor-faktor pendorong stratifikasi sosial dalam masyakat. Siswa mencatat beberapa hal yang penting.
b. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut. 5 menit
2. Pertemuan II
No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi
Waktu Keterangan
1. Pendahulua
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas). Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental siswa untuk mengikuti pelajaran.
b. Motivasi
Guru menjelaskan pentingya Status dalam pembentukan kelas di tengah-tengah masyarakat. 10 menit
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengar penjelasan guru tentang penngertian status sosial dan jenis-jenis status sosial yang terdapat dalam kehidupan bermasyarakat.
b. Siswa mngerjakan tugas yang ada pada uji penguasaan materi dalam buku halaman 62.
c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru utuk dinilai.
d. Siswa mendiskusikan studi kasus yang ada dalam buku halaman 68.
e. Siswa membacakan haisil diskusinya di depan kelas, Guru bertugas sebagai pemandu diskusi secara klasikal.
f. Guru membuat kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa 60 menit
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang hakekat Status sosial dan Jenis status sosial dalam kehidupan bermasyarakat..
b. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil diskusi kelompok.
c. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut. 5 menit


3. Pertemuan III
No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi
Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas).
b. Memotivasi
Guru menjelaskan pentingnya status atau kelas dalam kehidupan sosial masyarakat saat ini. 10 menit
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kasta yang merupakan salah satu bentuk dari stratifikasi sosial di India.
b. Siswa secara mandiri mencari ahan tentang bentuk stratifikasi sosial dari sumber lain.
c. Siswa mengerjakan soal yang ada dalam uji penguasaan materi.
d. Siswa mendiskusikan studi kasus yang ada dalam buku halaman 75.
e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal. 70 menit
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang kasta sebagai bentuk stratififkasi atau kelas sosial dalam kehidupan sosial di India.
b. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap pekerjaan sisw secara mandiri, dan hasil diskusi kelompok.
c. Penugasan
Guru memberi tugas kepada sisw untuk mempersiapkan diri untuk ulangan blok. 5 menit


4. Pertemuan IV
No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi
Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresiasi
Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan ulangan blok 10 menit
2. Kegiatan Inti
a. Guru membagikan soal yang telah disiapkan oleh guru.
b. Siswa mengerjakan soal yang telah dibagikan oleh guru.
c. Siswa mengumpulkan pekerjaannya kepada guru untuk dinilai. 65 menit
3. Kegatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan Guru membahas bersama soal-soal yang telah dikerjakan.
b. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap ulangan blok siswa.
c. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengulangi materi yang telah menjadi bahan ulangan blok.
10 menit

5. Sumber Pembelajaran
1. Buku Sosiologi SMA Kelas XI Yudhistira halaman 50 – 75
2. Masalah-masalah sosial di masyarakat yang terkait dengan status sosial
3. Media massa seperti majalah, Koran, dan buku-buku tambahan


6. Media
1. Papan Tulis
2. Lembar Soal
3. Transparan Konsep
4. Power Point
5. LCD

7. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 50 - 55, 62, dan 75
2. Melakukan pengamatan terhadap masyarakat yang menunjukkan status atau kelas dalam kehidupan sosialnya pada halam 68.
3. Penilaian hasil diskusi

No. Nama ASPEK PENILAIAN Total NIlai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan
Mengemukakan
Pendapat Kerjasama


Keterangan ; Nilai maksimal 20

No. Nama Siswa Aspek yang Dinilai Skor/Jumlah
1 2 3 4 5 6


Aspek yang dinilai :
1. Kemampuan menyampaikan pendapat
2. Kemampuan memberikan argumentasi
3. Kemampuan memberikan kritik
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik
6. Kelancaran berbicara

Penskoran : Jumlah Skor :
A. Tidak Baik Skor 1 24 – 30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18 – 23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12 – 17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6 – 11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No. Nama Siswa Keterangan Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1.
2.
3.


Keterangan :
1. Aktivitas dalam kelompok Rentang Skor :
2. Tanggung Jawab Individu 12 – 15 = Sangat Baik
3. Pemikiran 9 – 11 = Baik
4. Keberanian berpendapat 6 – 8 = Cukup
5. Keberanian tampil 3 – 5 = Kurang



Mengetahui JAKARTA,_____________


Kepala Sekolah SMA Guru Bidang Studi

1 komentar:

  1. Do this hack to drop 2 lbs of fat in 8 hours

    Over 160000 men and women are losing weight with a simple and secret "liquid hack" to drop 2lbs each and every night as they sleep.

    It is simple and works with anybody.

    This is how you can do it yourself:

    1) Go grab a glass and fill it half full

    2) And then follow this crazy HACK

    and become 2lbs skinnier the very next day!

    BalasHapus