Kamis, 07 April 2011

SNMPTN 2011

Penyelenggaraan ujian keterampilan untuk program studi olah raga dan seni

Peserta ujian yang memilih program studi Keolahragaan dan atau kesenian diwajibkan mengikuti Ujian Keterampilan yang dilaksanakan dua hari setelah pelaksanaan ujian tertulis. Peserta Ujian Keterampilan dapat mengikuti ujian di Perguruan Tinggi neger (PTN) yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keteranpilan sesuai dengan pilihan peserta atau PTN terdekat dari tempat pendaftaran peserta yang memiliki program studi penlenggara secara lengkap dapat dilihat pada Daftar Program studi (website) SNMPTN 2011.

Jadwal Pendaftaran dan Ujian
1. Pendaftaran : 2 – 24 Mei 2011
2. Ujian tertulis :
a. Selasa, 31 Mei 2011 : Tes Potensi Akademik
Tes Bidang Studi Dasar
b. Rabu, 1 Juni 2011 : Tes Bidang Studi IPA
Tes Bidang Studi IPS
3. Ujian Keterampilan
Ujian Keterampilan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Juni 2011

Pembobotan Hasil Ujian
A. Program Studi yang tidak mengadakan Ujian Keterampilan, proporsi bobotnya adalah sebagai berikut :
1. Tes Potensi Akademik (TPA) : 30%
2. Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP) : 70%

B. Program Studi yang mengadakan Ujian Kterampilan, proporsi bobotnya adalah sebagai berikut :

Program Studi keolahragaan :
a) Ujian tulis : 50%
b) Ujian Keterampilan : 50%

Program studi kesenian :
1. Ujian tertulis : 40%
2. Ujian Keterampilan : 60%
Penilaian Hasil Ujian Tertulis
Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut :
Jawaban benar : + 4
Jawaban salah : - 1
Tidak menjawab : 0

Mekanisme Pendaftaran Ujian Tertulis dan atau Keterampilan
Pendaftaran online dapat dilakukan dari manapun melalui website http://ujian.snmptn.ac.id dengan tata cara sebagai berikut :
1. Calon peserta membayar biaya ujian mulai tanggal 2 Mei 2011 pukul 08.-00 WIB sampai dengan 24 Mei 2011 pukul 12.00 WIB melalui Loket/ATM/Internet Banking Bank Mandiri. Pendaftaran secara online ditutup tanggal 24 Mei 2011 pukul 16.00 WIB.
2. Ketika melakukan pembayaran, calon peserta harus memasukkan nomor kartu identitas calon peserta (KTP/SIM/PASPOR Indonesia/Kartu Keluarga) dan memilih Kelompok ujian yang dikehendaki (IPA/IPC/IPS). Khusus bagi yang menggunakan Paspor sebagai identitas diri, pembayaran hanya dapat dilakukan melalui Loket atau Internet Banking.
3. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi : a) Nomor identitas calon peserta, dan (b) PIN SNMPTN sepanjang 16 karakter. Perhatian : nomor identitas PIN SNMPTN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab calon peserta.
4. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website dengan alamat http://ujian.snmptn.ac.id dan memilih menu pendaftaran. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan.
a. Bukti pembayaran.
b. Kartu identitas yang dipakai ketika melakukan pembayaran
c. Fotocopy ijazah/tanda lulus
d. File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.
5. Calon peserta harus melakukan login dengan memasukkan Nomor Identitas dan PIN SNMPTN yang tercantum dalam bukti pembayaran.
6. Calon peserta mengisi boring (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam boring ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini berakibat pembatalan penerimaan di PTN yang dituju.
7. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
8. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2011. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian. Calon peserta telah resmi dinyatakan sebagai peserta ujian SNMPTN 2011.

Tutorial tata cara pendaftaran ujian tertulis dan atau keterampilan dapat diunduh (download) di halaman (website) dengan alamat http://www.snmptn.ac.id mulai tanggal 28 Maret 2011.

Integrasi Program Bidik Misi
Pada tahun 2011, Program Bantuan Biaya Pendidikan (BIDIK MISI) dari Kementerian Pendidikan Nasional bagi siswa SMA/SMK/MA/MAK diintegrasikan ke dalam pola seleksi SNMPTN. Ketentuan lebih lanjut mengenai program Bidik Misi ini dapat dilihat dalam laman (website) http://bidikmisi.dikti.go.id


Dari Berbagai sumber terpercaya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar